09
Mar
10

Konsole Xbox

XBox

Xbox, nama ini cukup tenar bukan??? Apalagi dikalangan para maniak game,  sebuah console yang hebat dengan segala macam kelebihannya dari teknologi yang dipakai, hingga bentuknya yang sangat elegan, wow bukan…hhee…

Konsol permainan adalah sebuah mesin elektronik yang dirancang khusus untuk memainkan permainan video. Perangkat penampil grafiknya dapat berupa monitor komputer atau televisi, alat pengendalinya disebut joystick atau controller.

Xbox adalah konsol permainan video generasi ke-6 buatan Microsoft, dan merupakan konsol permainan video pertama bagi perusahaan Microsoft. Xbox pertama kali dirilis tanggal 15 November 2001 di Amerika Utara, tanggal 22 Februari 2002 di Jepang, dan 14 Maret 2002 di Eropa. Xbox adalah pendahulu dari konsol Xbox 360. Beberapa judul perangkat lunak permainan yang terkenal untuk konsol ini adalah Halo: Combat Evolved, Amped: Freestyle Snowboarding, Dead or Alive 3, Project Gotham Racing, dan Oddworld: Munch’s Oddysee. Sistem penyimpanan konsol Xbox adalah Harddisk dan Memory Card.

Oke, saya akan membahas console terbaru keluaran dari Microsoft ini. Selama ini semua console selalu menggunakan kontroler sebagai media inputan dalam bermain game, namun cukup salah satu pembuat console yang memiliki ide untuk membuat sebuah console yang dalam penggunaannya tanpa menggunakan kontroler, melainkan menggunakan sensor gerak. Console ini merupakan keluaran terbaru dari Microsft dan seri lanjutan dari Xbox 360, nama console ini yaitu Xbox Natal. Natal sebenarnya merupakan add on atau alat tambahan berupa sensor kamera untuk Xbox 360.

Sistem yang digunakan dalam Natal memanfaatkan gerak tubuh sebagai input berbagai perintah, sehingga console ini tidak perlu lagi menggunakan kontroler. Selain tanpa menggunakan kontroler, Natal juga menampilkan fitur-fitur yang tidak pernah ada dalam console lainnya, seperti voice recognition, mampu mengscan berbagai objek, dan Natal juga dilengkapi dengan kemampuan memainkan film dan melakukan video calling. Spec dari Xbox Natal adalah sebagai berikut:

  • GPU

Dilengkapi GPU Shader Model 5 dengan memory rDRAM 32 MB, clock rate 600 MHz dan mampu memproduksi tampilan 1080 p.

  • CPU

Menggunakan CPU 6 core.

  • Memory

Menjadi 1024 MB dari sebelumnya 512 MB, jenis memorynya pun berubah dari GDDR 3 menjadi GDDR 5.

  • Storage & Connectivity

Menggunakan SSD (Solid State Drive) 2.5 inchi dengan kapasitas sebesar 32 GB, optiknya menggunakan DVD

Perkembangan selanjutnya pada Xbox adalah sebagai berikut:

Microsoft akan rilis Xbox Portable


Beginilah hal yang dikatakan oleh Shane Kim, wakil presiden korporat Microsoft dalam salah satu wawancara:

Cepat atau lambat Microsoft kemungkinan akan merilis XBox portabel, konsol game yang bisa dibawa dan dimainkan di mana saja.

“Bagi kami, hal tersebut hanya masalah waktunya kapan. Sebab, kalau kami mengejar kesempatan pada perangkat bergerak atau genggam, kami tak punya sumber daya dan kemampuan untuk melakukan sesuatu seperti Project Natal,” ujar Kim seperti dirilis situs Kikizo.com.

Project Natal merupakan riset Microsoft yang mengembangakn teknologi kendali game dengan gerakan-gerakan tubuh. Teknologi ini akan segera diterapkan dalam perangkat XBox. Selain itu, juga dikembangkan lebih lanjut XBox Live yang memungkinkan pembelian dan download game lewat layanan online.

Kim yang merupakan salah satu penanggung jawab dalam program pengembangan XBox menyatakan bahwa saat ini Microsoft fokus kepada pengalaman di ruang tamu (living room experience). Dalam hal ini perangkat mobile yang ringan dan bisa digenggam merupakan salah satu perangkat pendukungnya.

Dalam persaingan konsol game portabel, sejauh ini Sony telah memiliki produk PSP Portable. Nintendo juga memiliki Nintendo DS Lite. Sementara untuk perangkat portablenya, Microsoft baru mengembangkan music player Microsoft Zune. (Kompas).

Berikut ini adalah spesifikasi dari Xbox Portable:

  • ARM CPU at 600-900MHz
  • ATI GPU at 200-300MHz
  • 128MB 300-600MHz DDR2 RAM
  • Internal Storage (8-16GB Flash or 40-120GB HDD)
  • 3.5-4.5″ Widescreen 16:9 Display (480×270 or 640×360)
  • Directional Control, Buttons
  • WiFi (LAN) and WiMAX (WAN)

Selain Xbox Portable, xbox juga hadir dengan beberapa bundle yang berbeda dengan spesifikasi yang hebat, berikut ini adalah bundle Xbox yang sudah ada:

Bundel Xbox 360° Resident Evil 5



Perusahaan Capcom dan Microsoft telah bergabung hingga menawarkan edisi spesial Resident Evil 5 Xbox 360°.

Bundel XBox 360 dengan Resident Evil 5 akan menjadi sesuatu yang besar bagi Microsoft. Demo bundel akan hadir lebih dahulu untuk XBOX Live dan kabarnya memang akan segera diluncurkan Bundle XBOX 360 beserta Resident Evil 5.

Dalam kemasan bundle tersebut terdapat:

  • Xbox 360 Merah
  • Pad Kontrol Merah
  • Resident Evil 5
  • Resident Evil 5 bertema NXE
  • Kupon Download Super Street Fighter II Turbo HD

Bundel ini akan datang, dan tampak memiliki kemasan yang besar. Namun sayangnya tidak ada informasi tentang harga atau ukuran harddisk, meski jika ada harddisknya, tidak memiliki informasi ketersediaan, atau apapun gambar foto resmi.

Produk-Produk Elite Xbox 360° yang berisi Halo 3 dan Fable 2 yang di bandrol dengan harga 400 USD.

Bagi para penggemar game Xbox 360, ada kabar baru yang dating seputar Xbox, yaitu:

Dilaporkan bahwa saat ini Microsoft sedang mempersiapkan pengiriman produk Elit XBox 360 yang lebih atraktif. Salah satu paket produk yang disertakan berisi  Halo 3 dan Fable 2 yang harganya sekitar 400 USD atau sekitar 4,8 juta rupiah.

Beberapa bulan lalu Microsoft sedang mempertimbangkan tahapan produk standar Elite-nya dengan mengutamakan model “Limited Edition”nya tersebut. Namun demikian, beberapa waktu yang lalu diberitakan atas kejatuhan harga game konsol yang ada dan itu tidak secara pasti diuraikan. Sementara itu, seperti halnya harga PS3 yang sekitar 400 USD saja, telah menggebrak publik Amerika sebelum masa liburan tahun 2007 yang lalu (atau kejadiannya sendiri terjadi sekitar bulan Oktober 2007), sedangkan untuk harga PS2 yang seharga 100 USD saja telah membuat frustasi selama 2 tahun penuh dalam hal pemasarannya.

Microsoft Membidik Game Xbox Live untuk diBundel pada Headset Windows Mobile.

Perusahaan Microsoft tampaknya sangat optimis membidik pasar game dunia. Kabarnya keoptimisan itulah yang akhirnya mendorong pihak Microsoft untuk mempersiapkan game Xbox Live agar dapat berjalan pada ponsel berbasis Windows Mobile.

“Kami membutuhkan seorang Principle Program Manager yang dapat membantu mendorong platform dan membawa game Xbox Live agar dapat dijalankan dengan baik di Windows Mobile.” menurut iklan yang ditampilkan di Mobile Techworld.

“Orang ini akan memfokuskan diri khususnya pada apa yang membuat game ini benar-benar hidup melalui integrasi avatar, integrasi sosial dan juga eksperimental multi-screen.”

Menurut Ian Paul dari PC World, konsol Xbox Mobile akan dicocokkan dengan konsep Three Screen miliki Microsoft yang banyak dipuji orang.

“Game Xbox Live baru ini akan sangat mendukung program Xbox Live Anywhere yang pertama kali diumumkan pada konferensi E3 pada tahun 2006 silam. Tujuannya adalah untuk membuat pecinta game bisa berbagi pengalaman antara bermain game menggunakan komputer ataupun perangkat mobile,” jelas Paul.

“Sudah ada banyak cara untuk melihat daftar teman Xbox Live pada ponsel kita. Tapi ini terdengar selangkah lebih jauh, terutama dengan penyebutan eksperimental multi-screen,” menurut Nick Chester.

“Menghubungkan Xbox 360 Anda ke perangkat mobile Anda dapat memungkinkan untuk beberapa pengalaman menarik, tapi jangan lupa, ini sudah pernah dilakukan sebelumnya. Nintendo dulu telah pernah mengusung perangkat Game Boy Advance dan juga GameCube yang mana merupakan perangkat game mobile yang pernah ada sebelumnya.”

Xbox 360 memiliki FPS terbaik.

Salah seorang eksekutif Microsoft dilaporkan telah mengklaim bahwa Xbox 360 menawarkan game-game FPS terbaik. Juru bicara tersebut juga telah menegaskan bahwa Xbox 360 akan tetap menjadi game konsol yang digemari oleh para gamer di seluruh dunia.

“Xbox memiliki permainan terbaik. Ada game-game yang terbaik di sana”, seperti apa yang dikatakan Xbox Live Eropa general manager Jerry Johnson kepada VideoGamer dalam sebuah wawancara baru-baru ini. “Anda akan mulai melihat kami, meskipun, melakukan hal-hal pemasaran yang lebih luas dan mulai untuk mengungkapkan beberapa hal-hal yang lebih luas”.

Akan tetapi, klaim terbaru Microsoft tentang Xbox 360 yang disambut dengan sikap skeptis dari Jim Sterling Destructoid.

“Saya akan mengatakan bahwa, di masa lalu, komentar keluaran game terbaik Microsoft benar adanya. Pada saat penulisan, bagaimanapun juga, saya harus kembali ke sudut PS3 dan dapat dikatakan, sesungguhnya, perangkat Xbox 360 tidak banyak tindakan eksklusif akhir-akhir ini”, pendapat Srerling.

“Tahun ini saja, Sony telah memiliki game Killzone 2, Uncharted 2, Critter Crunch, inFAMOUS, Demon’s Souls, segala macam eksklusif yang dicintai. Saya bisa benar-benar hanya memikirkan Halo Wars dan Halo 3: ODST untuk perangkat Xbox 360 tahun ini. Oh , dan jangan lupa tahun depan:  Heavy Rain, God of War III dan MAG yang semuanya tampak sangat menakjubkan bagi saya”.

Xbox 360° terbaru saat ini dibundel dengan Wireless Controller Game Pack.

Pada generasi terbarunya kini, Xbox 360 Elite sudah dibundel dengan Lego Batman dan Pure, apabila kita sudah memiliki Xbox 360, tentu belum lengkap jika belum memiliki wireless controller terbaru ini, dimana Anda dapat memainkan Geometry Wars: Retro Evolved 2, Lumines Live, Bomberman Live dan Ms Pac-Man dengan tambahan biaya 60 USD atau sekitar 600 ribu rupiah saja. Sedangkan kalau untuk memiliki Xbox 360 bundel terbaru ini Anda harus merogoh kocek seharga 299 USD atau sekitar 3 juta rupiah.

Menurut berita yang berkembang pada saat ini versi bundel terbaru Xbox bisa kita miliki terhitung bulan November 2009 dimana sudah dilengkapi dengan Wireless controller-nya juga. Jadi apabila kita tertarik memilikinya, silahkan menabung dari sekarang untuk memilikinya. Hehehehe….

Ini merupaka perangkat Xbox terbaru, Xbox 360 telah bergabung dengan GameStop untuk merancang edisi terbatas yang Wireless Controller eksklusif yang akan beredar di pasaran.

Perangkat ini dilengkapi dengan Play & Charge Kit, fitur controller desain terbaru tersebut yang diolah serat karbon hitam dengan aksen merah. Perangkat Controler ini akan dijual secara eksklusif di GameStop, EB Games dan Micromania pengecer di Amerika Serikat, Kanada, Perancis, Italia, Jerman, Portugal, Spanyol, Irlandia, Denmark, Finlandia, Austria, Swiss, Norwegia, Swedia, Australia dan Selandia Baru.

Harga eceran yang dibandrol akan menjadi 69,99 USD atau sekitar 700 ribu rupiah. Dan Anda dapat menempatkan pre-order Anda mulai sekarang juga. Selamat mencoba.

Semoga bermanfaat…^_^…


1 Response to “Konsole Xbox”



Leave a comment


March 2010
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031